Saturday, May 14, 2011

Panduan Membuat eBook sendiri - Bag.1

Untuk memulai bisnis ebook, sebenarnya tidakdibutuhkan langkah yang terlalu rumit. Saya biasanya memulai bisnis ebook hanya dengan beberapa langkah.

Berikut ini beberapa langkah yang terus saya gunakan hingga kini.


1. Memilih Tema Yang Tepat
Langkah pertama memulai bisnis ebook adalah memilih tema yang tepat. Tema yang tepat adalah tema yang dibutuhkan oleh calon konsumen / customer Anda. Siapa calon konsumen / customer Anda ? mereka adalah para pengguna internet. Hingga saat ini jumlah pemakai internet diperkirakan mencapai 25 juta orang.


Beberapa pertimbangan yang biasa saya pakai dalam memilih tema antara lain :
  • Tema dibutuhkan oleh para pengguna internet. Artinya tema atau informasi tersebut sering dicari oleh para netter. Anda bisa mengetahui apa yang sering dicari para netter dengan menggunakan software good keyword
  • Tema sesuai dengan keahlian, hobi dan background. Hal ini untuk meningkatkan kredibilitas kita. Sementara hindari tema yang belum menjadi keahlian atau di luar kemampuan Anda.
  • Belum ada pesaing atau jumlah pesaing sedikit. Saat ini, tema tentang “Bisnis Internet” telah menjamur. Karena itu, sebaiknya Anda mencari tema lainnya. Atau, jika Anda mengambil tema bisnis internet, sebaiknya harus beda dengan yang lainnya.

2. Membuat Website Yang Menjual
Setelah Anda memiliki produk berupa ebook, langkah selanjutnya adalah membuat website. Memiliki website sendiri adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis online. Tanpa memiliki website, ibaratnya Anda seorang pedagang yang tidak memiliki toko untuk memajang barang dagangan Anda. Tanpa website, Anda akan sulit menjual produk ebook Anda.

Beberapa langkah penting yang biasa saya lakukan dalam membuat website antara lain :
  • Fokus pada penjualan. Artinya, fokuskan semua komponen di website Anda untuk menjual produk Anda. Jangan membingungkan pengunjung situs, misalnya dengan banyaknya link, banyak gambar, menjual banyak produk yang berlainan tema, dll
  • Gunakan struktur presentasi produk yang benar. Di ebook saya, telah saya jelaskan tentang bagaimana cara membuat halaman presentasi (sales letter). Gunakan struktur presentasi dengan benar. Buatlah headline yang baik, pendahuluan yang menarik, testimonial, daftar menfaat produk Anda, garansi, identitas yang jelas, NB, perintah pemesanan, dll.
  • Percepat akses situs Anda. Situs Anda akan semakin lama di akses jika banyak gambar, animasi, flash, atau sejenisnya.
  • Menggunakan sistim bisnis yang bisa membantu penjualan. Minimal saya menggunakan sitism bisnis RESELLER. Sistim bisnis reseller memberikan banyak menfaat, baik bagi pengelola maupun bagi pembeli produk Anda. Anda bisa mendongkrak penjualan, sementara member Anda bisa menambah penghasilan dengan program ini.

3. Mempromosikan Website
Ada banyak strategi promosi di bisnis online...
untuk lebih detilnya akan saya berikan minggu depan ya... dah malem nich cape :)

No comments: