Tuesday, March 16, 2010

Tips Memilih Laptop / Notebook Baru

Apakah anda pernah bingung ketika hendak memilih laptop/notebook? Saya pernah, kemaren lihat2 spek yang ada di brosur dan searching di internet. Ternate ‘bejibun’ jenis dan ragam serta harga yang ada di pasaran. Tambah pusing aja nich kepala memilihnya.


Akhirnya saya browsing aja dengan keyword laptop dan ternyata banyak web yang mengetengahkan pembahasan tentang pembelian laptop baru, berikut kesimpulan saya :

  1. Belilah laptop sesuai keuangan yang kita miliki. Kisaran harga kini 5-25 jutaan
  2. Sesuaikan juga dengan pekerjaan yang akan anda lakukan. apakah untuk pekerjaan kantor atau browsing doang.
  3. Buat perbandingan dengan beberapa merk laptop yang ada di pasaran, biasanya bisa beda cukup jauh antara merk terkenal dengan yang biasa walaupun spesifikasinya sama
  4. Cari laptop MURAH, tunggu saat pameran diselenggarakan di kota anda!
  5. bila ingin membeli yang bekas, coba ajak teman yang benar-benar tahu tentang laptop dan 'dalemannya'
Bagaimana dengan spesifikasinya? berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan saya dapat dari hasil browsing2. mudah2an dapat membantu.

Processor.
Mau Intel atau AMD? Sama-sama pembuat processor yang diakui oleh dunia, namun seperti halnya teh botol sosro dan fres tea, tentu lebih banyak yang memilih teh sosro karena brandnya lebih terkenal bukan.

Namun, secara performa tidak ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Laptop dengan AMD biasanya lebih murah.
Untuk kecepatan 1.6-1.8 Ghz sudah cukup untuk kalangan biasa, kecuali untuk image-audio-video-esiting dan game (yang tertentu saja) mungkin kecepantan 1.8-2.0 Ghz akan lebih baik.

Memory.
Cukup pake yang standard saja (256-512 MB) kecuali bila ingin menggunakan OS Windows Vista, cari yang memory-nya minimal 1MB agar Vistanya bisa running bagus. (sebenarnya standar min memory Windows Vista adalah 512MB)

No comments: