Wednesday, November 26, 2008

3 Langkah Membangun Blog Yang Sukses

Langkah apa yang harus anda lakukan untuk membuat blog anda menghasilkan income bagi anda? Anda hanya memerlukan 3 langkah mudah untuk membangun blog seperti yang anda inginkan tersebut. Langkah-langkah tersebut adalah :


1. Memilih Tema Yang Tepat

Langkah pertama dalam mebuat blog yang berorientasi bisnis adalah memilih tema yang tepat. Tema yang tepat adalah tema yang dibutuhkan oleh calon konsumen Anda. Siapa calon konsumen Anda? Apakah mereka adalah para pengguna internet yang rajin online?

Beberapa pertimbangan yang biasa saya pakai dalam memilih tema antara lain :


* Bila anda baru memulai membangun Blog anda, maka carilah tema yang sesuai dengan hobby atau bidang keahlian anda, atau minimal pada bidang yang menarik perhatian dan anda ingin mempelajarinya lebih jauh.

* Cari tau tema atau informasi apa yand sedang dicari-cari orang saat ini. Anda bisa mengetahui apa yang sering dicari para netter dengan menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh google adwords

* Belum ada pesaing atau jumlah pesaing sedikit. Saat ini, tema tentang “Bisnis Internet” telah menjamur. Karena itu, sebaiknya Anda mencari tema lainnya. Atau, jika Anda mengambil tema bisnis internet, sebaiknya harus beda dengan yang lainnya.


2. Membuat Layout Blog Yang Menjual

Layout blog adalah toko anda, ini diibaratkan dengan bila anda berbisnis offline atau konvensional, dengan layout yang menarik tentunya akan menimbulan keinginan dari para pengunjung untuk membeli produk yang anda tawarkan di blog anda, atau pun program affiliasi yang anda ikuti atau hanya sekedar mengklik adsense yang memuat informasi yang mereka butuhkan.

Beberapa langkah penting yang biasa saya lakukan dalam membuat blog antara lain :

* Fokus pada pemberian materi berdasarkan tema yang anda pilih untuk blog anda, karena dengan memberikan informasi terlebih dahulu akan membuat para pengunjung blog anda kembali lagi berkunjung ke sana. Diharapkan pada kunjungan berikutnya sudah bila melakukan transaksi via link yang ada di blog anda.

* Anggaplah artikel yang ditulis dalam blog seperti bila anda melakukan presentasi atau bercerita dengan teman anda. Gunakan struktur presentasi produk yang benar. Buatlah headline yang baik, pendahuluan yang menarik, daftar manfaat dari artikel yang anda tulis, dan tujuannya apa saja yang hendak anda sampaikan ke mereka.

* Percepat akses situs Anda. Situs Anda akan semakin lama di akses jika banyak gambar, animasi, flash, atau sejenisnya.

* Menggunakan sistim pembuatan blog bisnis yang bisa membantu penjualan. ARtinya blog anda ini bisa menjadi salah satu daya tarik pada para netter untuk kembali dan merekomendasikan blog anda. Ini akan menjadi traffic yang terarah ke blog anda, jangan lupa untuk menempatkan beberapa link dalam blog anda ini ya…


3. Mempromosikan Website

Ada banyak strategi promosi di bisnis online… salah satunya dengan signature.
Nah untuk laennya, saya akan bahas lebih detil lagi pada artikel berikutnya ya…


Salam….

1 comment:

Unknown said...

memang yang paling sulit dalam berbisnis online ialah mempromosikannya. kunjungi juga blog yang agak unik namanya, http://permenjaheasli.blogspot.com